Menjadi Nekaders J50K

3
Senin, Desember 16, 2013
Ini merupakan kali pertama menjadi Nekaders J50K. Tetapi sebelumnya, sudah ikutan event-event menulis di berbagai media. Banyak dapat info tentang lomba menulis dari grup facebook maupun twitter, berterimakasih dengan si pencipta facebook dan twitter karena mereka punya jasa sangat besar loh, kalau bukan karena mereka, cari - cari info menulis hanya dari tabloid, majalah atau media cetak lainnya. Memang sih aku masih tergolong baru untuk ikutan event menulis karena berawal dari ngeblog (ngeblog aja masih setahun) dari ngeblog kemudian berkenalan dengan teman - teman yang memiliki karya yang kece - kece. Kemudian, aku join grup kepenulisan di facebook. Memakai jurus SKSD dengan teman - teman untuk akrab sekaligus dapat ilmu tentang kepenulisan. Ya tentu saja ada tata krama kalau ingin menjalin komunikasi. Senang dan sedih pasti adalah saat mengikuti lomba, tetapi menyelesaikan suatu karya sebelum atau mepet deadline (kebanyakan sih mepet deadline) merupakan kepuasaan tersendiri. Ada semacam kebanggan untuk menyelesaikan tulisan (cerpen, cermin, ff, artikel).

Tak terkecuali dengan J50K, sangat tertarik mengikutinya karena memang sebelumnya mengikuti Nanowrimo, dan ternyata gagal. Duhhh merasa sedih nggak ketulungan, ada rasanya kecewa dengan diri sendiri karena nggak bisa memegang komitmen untuk menyelesaika Nanowrimo, memang ada kesalahan sih waktu itu. Nah, ketika ada yang share tentang J50K, langsung sudah niat banget untuk ikutan, "Masak sih nggak bisa untuk berkomitmen lagi menyelesaikan tulisan?," itu niatku untuk ikutan. Tetapi berkaca dengan kegagalan Nanowrimo, sudah pasti memiliki cara agar J50K dapat terselesaikan dengan baik.

Rencananya sih ingin menulis novel remaja. Melihat akhir - akhir ini novel remaja selalu dibombardir dengan novel korea ataupun jepang, ah serius deh aku nggak pernah baca novel seperti itu, lah wong aku nggak pernah hafal nama tokoh di novel korea itu. Tapi mungkin ya karena selera pasar sedang booming novel korea. Namun, meskipun banyaknya novel korea, aku rencananya menulis novel remaja yang bercita rasa Indonesia,  settingnya di Jawa Timur.

Persiapan yang dilakukan lebih dimatangkan lagi, saat ikut Nanowrimo sudah menyiapkan sinopsis, tapi ya karena masih menerawang, belum begitu detail jadi susah mengerjakan tiap bab, kurang cetarrrr gitu. Jadi ingin mematangkan dengan cara :

1. Disiplin waktu. Harus ada waktu sendiri untuk menulis karena dibutuhkan 50.000 kata dalam satu bulan, kalau hanya menganut faham deadline atau tar-sok, tar-sok (ntar-besok)  nggak bakalan kelar. Harus mengikuti faham "Dipaksa, Terpaksa, Terbiasa" agar serem sih tapi kalau nggak begitu, nggak disiplin dong tapi suasana menulis haru menyenangkan dan rileks (tapi nggak terlalu rileks juga, ntar malah tisur pulas).

2.Membaca buku sebagai amunisi, kalau nggak ada duit ya pinjem buku atau lihat cerpen/ff/cermin dari blog teman - teman.

3. Tempel - tempel kertas di depan laptop. di samping tempat tidur, biar tahu kalau ada kewajiban nulis J50K.

4. Pasti dan wajib untuk menjaga kesehatan, ngoyo (kerja keras) itu penting, tapi mejaga kesehatan juga penting, agar nggak stres atau jatuh sakit.

Deangan ini, aku ikut menjadi Nekaders J50K.

Yuuuuk kobarkan semangatmu untuk terus menulis!!!!

http://www.kampungfiksi.com/2013/10/dibuka-kelas-menulis-online-persiapan.html

Persiapan J50K-2014
Nekaders J50K

About the author

Random Blogger | Penimbun Buku | Ketidaksempurnaan adalah kesempurnaan abadi | kontak[dot]sari[at]gmail[dot]com

Comments

3 komentar:

  1. aku dukung sari aja ya, semangat terus ya menulisnya

    BalasHapus
  2. semangat menulisnya kak.
    bener bgt tuh, gempuran budaya luar udah mulai merambah ke dunia sastra.
    semoga semangatnya tetap berkobar kak. hehe

    BalasHapus
  3. selamat datang dan selamat menjadi nekaders j50k, saya juga salah satu peserta dari nekaders j50k, sama2 berjuang menggapai 50 ribu kata yah.. januari sebentar lagi :D salam..

    BalasHapus

terimakasih telah berkunjung..
sepatah dua kata komentar sangat bermanfaat bagi blog saya ^.^b